Saturday, September 14, 2019

# Family # Game Level 6

Tantangan 10 Hari "Math Around Us" - Hari 3 - Berbagi itu Asyik

Math Around Us


Hari ini ada pengajian bulanan warga muslim Indonesia di Graz. Seperti biasa setiap pengajian anak-anak punya kegiatan terpisah. Selain agar para orang tua bisa lebih fokus menyimak kajian, juga agar anak-anak mendapatkan nilai positif dari silaturrahim bulanan ini.


On the way ke pengajian.
Kebetulan kali ini saya mendapat amanah untuk Kinderbetreuung (child care). Sayangnya beberapa anak tidak bisa hadir jadi hanya ada 5 anak yang ikut di Kinderbetreuung, dan 3 di antaranya adalah anak-anak saya 😃

Kami mengisi kegiatan hari ini dengan membuat origami. Saya memberikan beberapa pilihan origami dari internet. Anak-anak memilih membuat naga dan pedang. Lalu kami membuatnya bersama-sama sambil melihat contoh berupa video dari Youtube.

"Ahhh... It's so hard, Bunda," keluh Ghaifan.

"Let me help you." Ghaidan menawarkan diri untuk membantu.

Kalau urusan kegiatan motorik halus, Ghaidan memang lebih unggul. Sebaliknya Ghaifan yang lebih suka kegiatan motorik kasar sedikit kesulitan melipat-lipat kertas dengan rapi, apalagi membuat origami yang cukup rumit dan banyak lipatan.

Akhirnya semua anak tidak ada yang berhasil membuat sampai selesai 😅 Sepertinya tingkat kesulitannya terlalu tinggi untuk mereka. Saya tetap menyelesaikannya walaupun tidak serapi buatan orang di video yang kami lihat. Setelah selesai, kami berdiskusi tentang siapa yang akan mendapatkan origami naga dan pedang yang masing-masing hanya ada 1 buah ini. Dan mereka sepakat untuk memberikannya pada anak teman kami yang masih kecil.

Setelah itu anak-anak saya meminta izin untuk meminjam HP saya. Mereka ingin membuat origami yang lain. Tapi kali ini mereka ingin membuatnya sendiri. Saya izinkan mereka berkreasi sendiri. Alhamdulillah saya jadi bisa menyimak kajian sebentar sebelum selesai 😉

Sampai di rumah, anak-anak masih asik memainkan origami buatannya. Saya jadi ingin memberi mereka reward untuk hari ini. Oh, saya ingat mereka masih punya Yupi yang dibawa dari Indonesia!

Langsung saja Athifa semangat membawa sebungkus Yupi dan mengeluarkan semua isinya. Dia mau menghitung berapa banyak isi dalam sebungkus itu dan membaginya sama rata.





"I will split them in to 3, ok?" tanya Athifa pada abangnya.




#hari3
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment