Thursday, September 12, 2019

# Family # Game Level 6

Tantangan 10 Hari "Math Around Us" - Hari 1 - Back to School

Math Around Us





Sudah masuk level 6 lagi!

Sebetulnya periode tantangan game level 6 sudah mulai sejak pekan lalu, tapi karena pekan lalu kami masih "masa pemulihan" dari jetlag dan adaptasi lagi dengan cuaca Graz yang mulai dingin di pagi hari, terpaksa aktivitas di luar urusan domestik saya turunkan dulu prioritasnya. Belum lagi persiapan sekolah anak-anak. Belanja perlengkapan sekolah, termasuk sepatu anak-anak yang cepet banget gede ini 😅

Sebelum libur sekolah 2 bulan lalu, tepatnya di hari terakhir sekolah sekaligus pembagian rapot, guru kelas sudah menyelipkan selembar kertas bertuliskan daftar barang-barang yang diperlukan anak-anak di tahun ajaran baru. Biasanya anak-anak sudah punya beberapa barang tersebut, kita hanya perlu memeriksa apakah barang-barang tersebut masih layak pakai atau tidak. Atau mereka sudah punya sebagian, jadi kita tinggal melengkapi saja.

Saat menyiapkan perlengkapan sekolah ini kami sama-sama memeriksa semua barang yang sudah ada. Alat tulis seperti pensil warna yang sudah terlalu pendek (karena sering dipakai) diganti yang baru. Pun spidol warna yang sudah habis atau kering. Anak-anak bergantian menyerut pensil mereka. Tidak lupa mereka memeriksa peralatan untuk werken (prakarya), seperti gunting, lem, dll. Jika ada barang yang sudah tidak layak pakai atau kurang, mereka catat.

Kami membawa catatan barang-barang yang diperlukan ke salah satu toko alat tulis. Setiap tahun ajaran baru pasti banyak orang tua dan/atau anak-anak yang membeli perlengkapan sekolah seperti itu. Setiap sekolah, bahkan setiap kelas punya daftar sendiri, tergantung guru masing-masing. Di toko alat tulis, para karyawan toko akan dengan senang hati membantu pembeli menunjukkan letak barang-barang yang mereka butuhkan.



Selesai membeli barang-barang yang dibutuhkan, saya dan anak-anak kembali memeriksa dan menghitungnya bersama.

"Ghaidan, Ghaifan, coba lihat di list apa aja yang kalian perlukan, terus pisahkan barang-barang kalian di sini, ya," pinta saya pada si kembar sambil mengarahkan mereka untuk memisahkan barang-barangnya karpet.

"Ok, Bunda," jawab si kembar serentak.

"Bunda, i need more glues. Here, it says 4 U*U stick," kata Athifa.

"Athifa udah punya berapa di sekolah?"

"I already have 1, so i need...." Athifa menggerakkan jari-jarinya untuk menghitung. "Oh, i need 3 more!"

"Ok. Ambil tiga, terus simpan di tempat terpisah, ya."

Saat menyiapkan perlengkapan sekolah ini, kami sekaligus belajar Matematika. Anak-anak menghitung jumlah barang-barang yang diminta oleh guru, dikurangi yang mereka punya, dan berapa sisanya yang mereka butuhkan. Di sini juga anak-anak belajar lagi tentang membeli sesuai kebutuhan. Jadi sekaligus mengingatkan kembali tentang bijak mengelola keuangan 😉




#hari1
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment