Thursday, April 25, 2019

# About Austria # Travel Story

7 Alasan Memilih Traveling Menggunakan Kereta Antar Negara di Eropa

Kereta adalah salah satu alat transportasi utama di Eropa. Baik turis yang berkunjung maupun penduduk lokalnya sendiri lebih memilih kereta sebagai alat transportasi apabila hendak bepergian antar kota bahkan antar negara di Eropa. Karena disamping harganya yang cukup murah, fasilitasnya pun sangat nyaman.

Tidak kalah dengan negara Eropa lainnya, Austria juga memiliki kereta yang sangat modern dan nyaman digunakan sebagai sarana transportasi berkeliling antar kota maupun antar negara di Eropa.

Berikut 7 alasan yang saya rangkum yang menjadikan kereta sebagai alat transportasi favorit di Austria.

1. Restoran Kereta Yang Nyaman dan Kece

Restoran kereta di Austria 
Hampir semua kereta di Austria memiliki gerbong khusus yang difungsikan sebagai restoran. Biasanya restoran ini terletak di bagian tengah dari rangkaian kereta api dan terbuka bagi semua penumpang baik dari gerbong ekonomi maupun gerbong eksekutif.

Interior restoran kereta di Austria
Selain desain interiornya yang nyaman dan kece, menu makanan yang disediakan pun beragam mulai dari makanan Asia, makanan Eropa, hingga menu khusus vegetarian. Dan harganya pun tidak terlalu jauh berbeda dengan restoran pada umumnya. Hmm... Makan atau sekedar menikmati secangkir kopi ditemani pemandangan pegunungan Austria yang indah, memberikan sensasi tersediri, lho.

Menikmati secangkir kopi ditemani pemandangan pegunungan
Biasanya ada juga pelayan yang akan berkeliling sepanjang kereta yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman ringan. Jadi kita juga bisa memesan makanan atau minuman tanpa meninggalkan tempat duduk.

Daftar menu di restoran kereta

2. Gerbong Keluarga Yang Bikin Si Kecil Betah

Bagi yang melakukan perjalanan bersama si kecil seperti saya, kereta selalu menjadi pilihan pertama kami, terlebih apabila perjalanannya terbilang jauh melintasi antar negara Eropa. Alasan yang paling utama adalah adanya gerbong khusus untuk keluarga.
Gerbong khusus keluarga di kereta Austria
Gerbong khusus keluarga
Umumnya gerbong ini terletak di bagian ujung kereta dan memiliki tanda khusus seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Fasilitas bioskop kecil di dalam kereta austria
Fasilitas bioskop kecil di dalam kereta
Di dalam gerbong khusus ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa bikin si kecil betah, seperti bioskop kecil dan meja-meja yang bermotif macam-macam permainan untuk keluarga. Dijamin perjalanan berjam-jam bersama si kecil jadi tidak terasa.

fasilitas bermain di dalam kereta austria
Meja dengan berbagai macam permainan
Oh iya, untuk bisa memainkan permainan yang ada di meja, kita bisa meminta perlengkapan permainannya ke petugas tiket atau pramusaji.

Salah satu meja di dalam kereta dengan permainan untuk anak
Salah satu meja dengan permainan untuk anak

3. Tempat Khusus Untuk Sepeda

Austria juga terkenal sebagai negara yang ramah terhadap pengendara sepeda. Berbagai fasilitas pendukung untuk alat transportasi ini cukup lengkap. Mulai dari jalur khusus sepeda, rute touring sepeda, bahkan di dalam kereta pun disediakan tempat khusus untuk menaruh sepeda. Gerbong khusus sepeda ini biasanya terletak di ujung, bergandengan dengan gerbong untuk keluarga.

Gerbong sepeda di dalam kereta
Gerbong sepeda di dalam kereta
Bagi penumpang yang membawa sepeda ke dalam kereta, ada tambahan biaya khusus yaitu sebesar 10% dari harga tiket perjalanan penumpang.

Cara mengangkut sepeda di kereta Austria
Kereta disimpan dengan cara digantung ke pengait khusus
Jadi apabila kita sedang bertualang di Austria menggunakan sepeda dan kelelahan ditengah perjalanan, tinggal angkut saja sepedanya ke dalam kereta.

4. Tempat Bagasi Yang Luas dan Gratis

Kalau bepergian dengan membawa barang yang cukup banyak, tentu kereta bisa menjadi andalan utama. Disamping kapasitasnya yang cukup luas, juga tidak ada batasan jumlah dan berat untuk barang yang kita bawa. Berbeda apabila kita menggunakan pesawat atau bis dimana kapasitas bagasi yang kita bawa ada batasannya. Dan.... yang penting banget semua fasilitas itu bisa kita nikmati tanpa dipungut biaya tambahan apapun alias haratis...tis...tis... 😁

Tempat bagasi ini tersedia di setiap gerbong kereta. Letaknya di kedua ujung dan bagian tengah gerbong. Kita bisa mengawasi barang-barang kita dari tempat kita duduk karena tempat bagasi ini terbuka.

Tempat penyimpanan bagasi di dalam kereta
Tempat penyimpanan bagasi di dalam kereta

5. Pemandangan Yang Menakjubkan Sepanjang Jalur Kereta

Hamparan padang rumput yang hijau, pegunungan menjulang tinggi yang dihiasi lapisan putih salju di bagian atasnya, dan juga jajaran rumah-rumah pedesaan adalah pemandangan khas dari Austria. Suguhan pemandangan itu bisa kita nikmati sepanjang jalur kereta yang memang rutenya melewati pegunungan.
Pemandangan dari kereta austria
Dibandingkan dengan bis, jendela di kereta lebih besar jadi kita bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas dan lebih leluasa. Jadi siapkan kamera dengan baterai dan kapasitas yang penuh sebelum naik kereta ya, supaya bisa mengabadikan pemandangan yang indah ini sepanjang perjalanan.
Pemandangan sepanjang kereta austria

6. Akses Unlimited Free Wifi

Nah, ini yang paling penting tentunya 😄Selama perjalanan di dalam kereta ini kita bisa menikmati wifi secara gratis dan tidak ada batasan kuota. Bahkan ketika kereta yang kita naiki sudah memasuki negara lain di luar Austria, kita masih bisa menikmati koneksinya tanpa terputus.

Akses wifi gratis di kereta austria
Free Wifi on the train
Jadi sepanjang perjalanan kita bisa terus update status medsos kita dengan foto-foto pemandangan menakjubkan. Asyik, kan? 😎 Jangan khawatir kalau gadget kita kehabisan baterai, karena di setiap tempat duduk tersedia colokan listrik. Jadi kita bisa men-charge kapan saja tanpa perlu repot membawa power bank.

7. Harga Tiket Yang Murah

Dengan segudang fasilitas yang disebutkan di atas, kita bisa menikmatinya dengan harga yang terbilang murah. Misalkan untuk rute Vienna - Praha, harga tiket termurah adalah 14 euro atau sekitar Rp 200.000. Tapi untuk mendapatkan tiket murah, pastikan kita membeli tiketnya jauh-jauh hari dan cari tiket dengan label sparschiene ya.

Jenis tiket kereta murah di eropa
Harga tiket kereta murah lintas eropa

Untuk mengecek harga tiket atau pemesanan tiketnya sendiri bisa dilakukan secara online melalui situs OeBBSewaktu pembelian tiket ada pilihan untuk memesan tempat duduk. Saya sendiri jarang memilih opsi untuk mem-booking kursi karena biasanya selalu ada tempat yang kosong, kecuali untuk perjalanan yang cukup jauh atau ketika musim liburan.

Enaknya lagi untuk anak di bawah usia 15 tahun tidak dikenakan biaya tiket atau gratis, selama bepergian bersama orang tua. Maksimal jumlah anak yang tidak dikenakan biaya untuk 1 orang tua adalah sejumlah 4 orang anak.

***

Selamat menikmati liburan dengan kereta antar negara di Eropa, ya... 😉

No comments:

Post a Comment